Karakter yang Kuat dan Tangguh

Posted on Januari 19, 2010

0


Orang-orang bekerja keras sepanjang hidupnya untuk membangun sebuah karakter pribadi yang kuat, sifat-sifat yang akan mencerminkan tujuan mereka, gairah, dan nilai-nilai. Namun, ternyata banyak orang yang mengalami kesulitan dalam membangun karakter yang kuat tersebut. Kesulitan yang terletak pada pertentangan didalam diri kita tersebut akan membawa kita kepada pertumbuhan karakter.

Apakah perbedaan antara karakter dan perilaku?

Secara sederhana, karakter itu ada didalam diri kita sedangkan perilaku tindakan yang mencerminkan kualitas dan juga tingkat perkembangan batiniah kita.  Hal ini selaras dengan apa yang di ungkapkan oleh teolog EM Bounds, yaitu:
“Perilaku adalah apa yang kita lakukan; karakter adalah apa yang kita.

Perilaku merupakan kehidupan lahiriah sedangkan karakter adalah kehidupan yang tak terlihat, tersembunyi di dalam, namun dapat dibuktikan dengan apa yang dilihat.
Perilaku merupakan sisi eksternal yang terlihat dari luar; sedangkan karakter merupakan sisi internal  yang beroperasi di dalam.

Karakter adalah keadaan hati, sedangkan perilaku adalah ekspresi.

Karakter adalah akar pohon; perilaku adalah buahnya. ”

Bagaimana Karakter Pribadi dapat mengarah pada pertumbuhan karakter rohani?

Karakter, seperti yang kita biasanya kita fakir merupakan kumpulan sementara dari kepribadian yang kita kembangkan selama waktu kita di bumi. Kita membangun karakter dengan masing-masing pilihan dan itu mencerminkan nilai-nilai yang terdalam dalam diri kita melalui setiap tindakan kita. Kepribadian kita beserta segala sesuatu didalamnya akan berakhir ketika kehidupan didunia ini selesai.

Pada tingkat rohani, kita memiliki karakter yang jauh lebih luas dan bertumbuh; tidak seperti halnya karakter kepribadian diri manusia, ia dapat terus tumbuh semakin kuat secara terus menerus. Cara kita menangani tantangan hidup ini akan membuat karakter kita menjadi kuat, bahwa kita juga tumbuh kuat secara rohani.

by: Arthur Mario

Ditandai: ,